Uang Elektronik

Uang Elektronik

Uang elektronik mengacu pada uang yang ada dalam sistem komputer perbankan yang dapat digunakan untuk memfasilitasi transaksi elektronik. Meskipun nilainya didukung oleh mata uang kertas dan oleh karena itu, dapat ditukar menjadi bentuk fisik yang berwujud. Uang elektronik terutama digunakan untuk bertransaksi secara elektronik, karena kemudahan metodologi ini.

Uang Elektronik

 

Bagaimana Uang Elektronik Bekerja

Uang elektronik digunakan untuk transaksi secara global. Meskipun dapat ditukar dengan mata uang fiat (yang, secara kebetulan, membedakannya dari cryptocurrency), uang elektronik paling sering digunakan melalui sistem perbankan elektronik. Emoney tersebut dipantau melalui pemrosesan elektronik. Dan karena hanya sebagian kecil dari mata uang yang digunakan dalam bentuk fisik, sebagian besar mata uang tersebut ditempatkan di brankas bank dan didukung oleh bank sentral.

Untuk alasan ini, fungsi utama Federal Reserve AS dan 12 bank pendukungnya adalah mengelola mata uang fiat dalam bentuk fisik dan mengendalikan pasokan uang melalui kebijakan moneter dan operasi pasar terbuka.

Mata uang yang beredar

Uang elektronik dapat disimpan di berbagai tempat. Sebagian besar individu dan bisnis menyimpan uang mereka di bank yang menyediakan catatan elektronik berupa uang tunai. Namun, kartu prabayar dan dompet digital seperti PayPal dan Square juga memungkinkan pengguna menyetor mata uang fiat untuk uang elektronik.
Pemrosesan Pembayaran Elektronik

Banyak orang Luar memproses transaksi secara elektronik dalam banyak cara, seperti:

  • Menerima gaji melalui setoran langsung.
  • Menggerakkan uang dari satu akun ke akun lain melalui transfer dana elektronik.
  • Menghabiskan uang dengan kartu kredit dan kartu debit

Sementara mata uang fisik masih menguntungkan dalam situasi tertentu, perannya secara bertahap berkurang seiring waktu. Banyak konsumen dan bisnis percaya uang elektronik lebih aman dan nyaman karena tidak bisa salah tempat, dan diterima secara luas oleh pedagang di seluruh negeri. Pasar keuangan A.S. akibatnya telah membentuk infrastruktur yang kuat untuk bertransaksi uang elektronik, yang terutama difasilitasi melalui jaringan pemrosesan pembayaran, seperti Visa dan Mastercard.

Bank dan lembaga keuangan bermitra dengan prosesor jaringan uang elektronik untuk mengeluarkan kartu jaringan bermerek pelanggan mereka yang memfasilitasi transaksi elektronik, dari rekening bank ke pedagang. Uang elektronik juga mudah ditransaksikan melalui e-commerce, memungkinkan konsumen berbelanja barang dan jasa secara online.

Comments are closed.