Apple iPhone 11 Resmi Diluncurkan, Seperti para pesaingnya yang dibawa oleh Gadget Android, iPhone 11 dan 11 Pro Camera Sekarang Mempunyai ”Night Mode, Harga dan Spesifikasi untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

Apple memperkenalkan jajaran iPhone Teranyar mereka pada acara Launching yang diadakan di Steve Jobs Theatre, Cupertino, AS, Selasa (9/10/2019) pagi waktu setempat atau Rabu dini hari di Indonesia.

Apple iphone 11

Varian awal yang diperkenalkan adalah Iphone 11. Selain angka model yang diganti dengan tidak memakai angka Romawi (“X”), untuk kamera kedua varian di iPhone 11 juga diganti dari model telefoto sebelumnya di HP XS dan XS Max menjadi Ultra Wide.

Akan tetapi, iPhone 11 sebenarnya lebih tepat untuk dilihat sebagai penerus iPhone XR karena posisinya sebagai perangkat termurah dari jajaran 2019 iPhone. Dari sudut penglihatan ini, iPhone 11 meperbaharui jumlah kamera menjadi 2, dari sebelumnya hanya 1 di iPhone XR.

Kamera ultra lebar mempunyai bidang pandang yang jauh sangat luas (120 derajat) daripada kamera lebar utama. sehingga Apple menyebut menyebutkan iPhone 11 memiliki efek kamera “zoom-out 2x”, daripada kamera telefoto “zoom-in 2x” gaya di model sebelumnya.

Kamera ultra lebar ini memiliki lensa dengan panjang fokus 13 mm (setara dengan full frame) dengan bukaan f / 2.4 plus sensor resolusi 12 megapiksel. Kamera lebar utama dari iPhone 11 mempunyai resolusi 12 megapiksel serta lensa dengan panjang fokus 26 mm (setara dengan bingkai penuh) dengan bukaan f / 1.8 dan juga dilengkapi dengan OIS.

Meskipun sudut lebar dan lebih lebar (ultra lebar), kamera iPhone 11 mampu mendapatkan picture potret dengan efek bokeh. Kamera belakang iPhone 11 juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti recording di video resolusi 4K serta frame rate 60 fps, gerak lambat, selang waktu, hingga XDR. Di bagian depan, iPhone 11 juga mempunyai kamera ganda dengan kerapatan 12 megapiksel “True Depth” yang bisa diputar untuk mengambil picture berorientasi lanskap. Kamera ini dimuat dalam takik di atas layar 6,1 inci.

Apple telah menambahkan fitur video baru dalam bentuk 120 FPS perekaman picture gerak lambat yang disebut Apple “selfie lambat” atau “slofie” di kamera depan. “Kami fokus pada teknologi yang penting dan bermanfaat bagi pelanggan,” kata{ CEO Apple, Tim Cook, ketika dia memperkenalkan iPhone 11 di acara launching yang disiarkan langsung di YouTube.

Jeroan iPhone 11 mengutamakan SoC baru, Apple A13 Bionic, yang diklaim sebagai chip gadget cerdas tercepat di dunia. iPhone 11 hadir dalam warna ungu, putih, hijau, kuning, hitam, dan merah, dan dipatok dengan harga paling murah 699 dolar AS.

iPhone Camera 11 dan 11 Pro Memiliki “ Night Mode”

Mode foto “Night” yang tahun lalu banyak digunakan di gadget Android. Setelah diawali oleh Huawei, pabrikan lain segera menggunakan “Night Mode” pada produk mereka, termasuk Google, Oppo, dan Samsung.

Apple tampaknya tidak mau ketinggalan kereta. Pada acara yang digelar di Amerika pada Selasa (11/9/2019) waktu setempat, Apple untuk pertama kalinya mengenalkan ”Mode Malam”, yang hadir pada iPhone 11, iPhone 11 Pro dan Iphone 11 Pro max.

Fungsi dan cara kerjanya kurang lebih mirip dengan “Night Mode” di Android, yang membuat foto dalam kondisi gelap lebih cerah dengan memotret banyak frame dengan tingkat pencahayaan beda, kemudian digabungkan menjadi satu gambar.

Dalam program yang ditayangkan langsung di YouTube, Apple menyebut teknik ini “Adaptive Bracketing”

“Bright Mode akan otomatis muncul dalam kondisi yang cukup gelap dan memberikan pencerahan foto dan mengurangi noise,” kata Kaiann Drance, Direktur Senior iPhone untuk Manajemen Produk & Pemasaran, pada tahap peluncuran.

iPhone 11 juga memiliki sejumlah fitur kamera lainnya seperti pelacakan subyek ke Pemberian Cahaya Potret yang bisa digunakan untuk penyesuaian efek bokeh.

Apple juga menambah jumlah kamera pada iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, yang diperuntukkan untuk konsumen profesional foto & video. Dua iPhone baru dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang disusun zig-zag.

Konfigurasi ini melingkupi kamera selebar 12 megapiksel (f / 1.9, 26mm) dengan OIS. Serta kamera telefoto (f / 2.0, 52 mm) dengan OIS, dan kamera ultra lebar (f / 2.4, 13 mm).

Sementara itu, iPhone 11 sebagai model penerus gadget termurah untuk iPhone XR dengan menambahkan jumlah kamera dari hanya satu di model sebelumnya menjadi dua, dengan penambahan kamera ultra lebar (f / 2.4, 13 mm).

Kamera depan dalam trio iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max mempunyai resolusi 12 megapiksel serta bisa merekam 120 video gerakan lambat FPS yang disebut Apple “slofie”.

 

 

Harga dan Spek iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max adalah penerus dari iPhone XS dan XS Max yang dirilis tahun lalu. Sedang iPhone 11 adalah penerus iPhone XR. Ketiganya dibanderol dengan harga terendah US $ 699 (Rp. 9,8 juta) untuk iPhone 11, US $ 999 (Rp. 14 juta) untuk iPhone 11 Pro, dan US $ 1.099 (Rp. 15,4 juta) untuk iPhone 11 Pro Max.

Spesifikasi mereka berkualitas jika di kompare dengan iPhone XS tahun lalu, XS Max, dan XR. Salah satu perbaikan terbesar adalah di bagian processor yang saat ini bergantung pada chip Apple A13 Bionic. Jumlah kamera juga bertambah banyak.

iPhone 11 memiliki dua kamera belakang (lebar, ultra lebar), dari pendahulunya hanya satu di iPhone XR. Kemudian. IPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki tiga kamera (lebar, ultra lebar, telefoto), naik dari dua di duo iPhone XS.

Untuk selfie, ketiga iPhone yang diluncurkan tahun 2019 keduanya dijejalkan dengan kamera TrueDepth 12 megapiksel yang dapat diputar untuk mendapatkan gambar berorientasi lanskap, dan dapat merekam video gerakan lambat 120 FPS yang disebut Apple “slofie”.

Ukuran layar mempunyai perbedaan di antara ketiganya. Layar iPhone 11 mempunyai diagonal 6,1 inci, kemudian iPhone 11 Pro 5,8 inci dan iPhone 11 Pro Max 6,5 inci.

Masih penasaran? ..

Comments are closed.